Menu Close

Dosen Prodi S.1 Kesmas FKM UIT kerjasama Himaprodi S.1 Kesmas FKM UIT Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021

Pengabidan Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, olehnya Dosen Prodi S.1 Kesmas Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Timur (FKM-UIT) bekerjasama dengan Himaprodi S.1 Kesmas FKM UIT Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 yang ke 57 tahun. HKN ditujukan untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan tema “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”. Tema ini dikeluarkan oleh menteri Kesehatan RI agar menjadi momentum bagi semua insan untuk menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Peringatan HKN ini menjadi pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila komponen bangsa berperan aktif dalam upaya peningkatan derajat kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Peringatan HKN ini dilaksanakan dalam bentuk Penyuluhan terkait Edukasi pencegahan stunting dan pencegahan Covid-19 di era pandemik Covid-19 di masyarakat. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Oktober 2021 di Lembanna Kec. Tinggimoncong. Kab.Gowa dengan target sasaran penyuluhan yakni santri TKA-TPA Nurul Hassan Lembanna dan TKA-TPA Nurul Safana.

PKM ini dihadiri oleh Dekan FKM UIT (Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes), Ketua Program Studi S.1 Kesehatan Masyarakat (Marhtyni, S.KM., M.Kes), Dosen pelaksana PKM, mahasiswa, Pimpinan TKA-TPA Nurul Hassan Lembanna dan Pimpinan TKA-TPA Nurul Safana, dan 60 santri beserta beberapa perwakilan orang tua santri.

Dalam sambutannya, pengurus BKPRMI Kec. Tinggimoncong/Pimpinan TKA-TPA Nurul Safana mengucapkan terima kasih kepada FKM UIT yang mau melakukan penyuluhan ke santri TKA-TPA, harapannya kegiatan ini dapat berkelanjutan khususnya dalam upaya peningkatan pemahaman santri terkait kesehatan. Ketua Prodi S.1 Kesmas FKM UIT juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan TKA-TPA Nurul Hassan Lembanna dan TKA-TPA Nurul Safana menerima kunjungan Prodi S.1 Kesmas FKM UIT dengan hangat sehingga kami bisa senantiasa berbagi ilmu bersama adik-adik santri TKA-TPA dan berterima kasih kepada himaprodi kesmas FKM UIT yang telah sukses melakukan 3 kegiatan sekaligus (Kuliah lapangan, Peringatan HCTPS Sedunia dan HKN) secara outdoor yang dikemas dalam bentuk Camping day.

Kegiatan PKM ini dibuka langsung oleh Dekan FKM UIT, dalam sambutannya beliau mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini dan berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan pemerintah setempat tidak hanya dalam bentuk PKM tetapi juga dalam bentuk kegiatan lainnya seperti Praktik Belajar Lapangan (PBL) Mahasiswa.

Adapun penyuluhan yang diberikan pada PKM ini tediri dari 3 topik utama yakni:
1. Pencegahan Penularan Penyakit dengan Pembiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Sejak Dini yang dibawakan oleh Marhtyni, S.KM., M.Kes dan Nismawati, S.Si., M.Kes
2. Edukasi Gizi Cegah Stunting Melalui Permainan Ular Tangga yang dibawakan oleh Rosdiana, S.KM., M.Kes, Riswan, S.KM., M.Kes, Rosdiana, S.KM., M.Kes dan Jusman S.KM., M.Kes
3. Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Pencegahan Stunting Pada Anak TKA-TPA Nurul Hassan Lembanna, Kec. Tinggimoncong. Kab. Gowa yang dibawakan oleh Rahmah Sri Susanti, S.KM., M.Kes, Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes, Suriati,S.Ag., S.KM., M.Kes, dan Hanafi A Kadir, S.KM.,M.Kes. Beddu Lahi, S.Sos, M.Si.

Kegiatan PKM ini semua peserta terlihat antusias dalam mengikuti penyuluhan karena selain dengan metode ceramah, para dosen yang melakukan PKM juga menghidupkan suasana penyuluhan dengan metode interaktif. Santri juga merasa senang dengan permainan ular tangga yang baru mereka dapat dalam bentuk edukasi Gizi Cegah stunting. Di akhir acara peserta diberikan beberapa doorprise, paket PHBS dan Al Qur’an. Harapan kami dalam memperingati HKN ini yakni agar anak usia dini dapat menjadi pelopor dalam peningkatan derajat kesehatan bangsa khususnya dalam upaya pemerintah mengurangi angka stunting dan penyebaran Covid-19 ujar Nurul Aulia (Sekretaris Himaprodi S.1 Kesmas FKM UIT yang sekaligus Staf Pengabdian Masyarakat ISMKMI Daerah SulSelBar periode 2021-2022).
(Humas UIT/Beddu Lahi, Hermawati H).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *