Menu Close

Penandatangan MOU UIT dengan Pemda Kab. Paser Kaltim

Penandatangan MoU Universitas Indonesia Timur (UIT) dengan Pemeritah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser Kalimantan Timur (Kaltim), di ruang Rektorat UIT lantai 2, Kamis, 9 September 2021.
Penandatanganan itu dilakukan Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, M.Kes dengan Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli.
Kegiatan ini, dilakukan sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes), Paka Masker, Jaga jarak, Pakai Hand Sanitazer.
Penandatanganan itu, disaksikan Wakil Rektor I, Suriati, S.Ag, M.Si, M.Kes, Wakil Rektor II, Hj.Lismayana, S.Sos, M.Si, Wakil Rektor III, Muhammad Khaerul, S.Farm, M.Kes, Sekda Kab Paser, Drs. Katsul Wijaya, M.Si, Asisten Administrasi Umum, Hj. Ina Rosona, Kabag Kerjasama, dr. Abu Bakar Sidik, Kasubag Kesra, Alwi, Kasubag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Abd Kadir, S.S, M.A, Dekan, Ka.Prodi, Staf Rektorat.


Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, M.Kes, menyampaikan Permohonan maaf, jika sekiranya ada hal-hal yang kurang dalam penerimaan kami, sebagai manusia bisa mohon dimaafkan bapak Bupati dan rombongan.
Perlu kami sampaikan bahwa kerja sama ini berangkat dari alumni yang telah hadir di Kabupaten Paser yaitu Bapak Reza, sering melakukan inovasi-inovasi pengembangan sehingga timbullah ide untuk melakukan kerjasama untuk pengembangan SDM, Alhamdulillah UIT di tunjuk sebagai salah satu institusi pendidikan yang melaksanakan kerjasama khususnya dalam pengembangan SDM .
Rektor UIT, merasa bersyukur karena beberapa yang ada di lingkup Kab.Paser itu adalah orang Sulawesi Selatan.
Alhamdulillah Allah mempertemukan kita pada hari ini, sehingga ke depan ada beberapa kerjasama dan mudah-mudahan kita realisasikan.
Rektor UIT, memberikan gambaran bahwa UIT berdiri pada tahun 2021 dan tahun ini genap usia 20 tahun, dan kami ada 22 Prodi terakreditasi, 4 diantaranya Program Megister diantaranya Magister Kesehatan, Magister Ilmu Administrasi Negara, Magister Manajemen, Magister Hukum. Dan saat ini seluruh Program Studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM PTKES semuanya terakreditasi, sehingga memang kita tidak ragu-ragu untuk mengajak melakukan kerjasama.
Tahun ini, setiap institusi pendidikan khususnya UIT mendapatkan program KIP dan UKT diberikan kepada anak-anak yang melanjutkan Perguruan Tinggi bagi mereka punya keterbatasan pada ekonomi sehingga tidak melanjutkan pendidikan, itu pemerintah membiayai 100 persen dan bahkan juga akan diberikan Living Kost kepada mereka. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan, apa lagi adanya kerjasama dengan UIT, kata Rektor.


Dengan adanya kampus merdeka, ada program Magang bagi mahasiswa, jadi bukan saja pengembangan dari peningkatan SDM yang ada di Kab. Paser, tetapi kami juga memohon agar di berikan kesempatan bagi mahasiswa UIT di Kab. Paser, sesuai dengan bidang-bidang di berikan, kalau bisa juga difasilitasi beberapa industri yang ada di sana. Karena kampus merdeka ini ada waktu 6 bulan sampai 1 tahun ketika mereka semester 6,7,8 itu boleh melakukan magang industri dan nilainya disetarakan 20 SKS persemester. Jadi memang UIT harus mencari mitra sebanyak-banyaknya mitra untuk melaksanakan kampus merdeka, kata Rektor.

Sementara itu, Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, mengatakan kami punya program adalah bidang pendidikan, tentu saja kami harus membuka vmata, membuka telinga Kab.Paser, itu masih rendah dalam hal pendidikan khususnya Pascasarjana.
Dan tentunya dengan adanya MoU Kerjasama ini merupakan sangatlah penting bagi kami, bagaimana meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Kab. Paser.
Menurut Bupati Paser, Prodi yang ada di UIT saya pikir sudah lengkap sekali, dan tidak punya keraguan ke depan, Sekda untuk melakukan kerjasama bukan saja di bidang pendidikan saja tetapi di bidang-bidang lain.
Bagi mahasiawa UIT yang mau melakukan Magang kerja, KKN kami siap memfasilitasinya, kata Fahmi Fadli.
Menurut Bupati Paser, kerjasama pendidikan bagian awal yang pertama, nanti ke depan hal-hal kerjasama yang perlu kita lakukan pengembangannya baik di bidang Hukum, Ekonomi, Sosial dan lain sebagainya kita lakukan kerjasama.
Kami atas nama pemerintah Kab.Paser mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kontribusi Universitas Indonesia Timur kepada calon-calon mahasiswa kami yang ada di Kab.Paser, kata Bupati Paser.
Setelah acara ini, dilakukan penyerahan Cendera mata, dan foto bersama.
(Humas UIT/Beddu Lahi).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *