Menu Close

Penyambutan MABA, FAI UIT Gelar PKKMB Via Zoom Luring dan Daring

Penyambutan Mahasiswa Baru (MAhBA) Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur (FAI-UIT) Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Via Zoom Luring dan Daring, di Aula FAI Kampus 4 lantai 2 jl. Rappocini Raya No.171-173 Makassar, Selama dua hari Selasa-Rabu, 5-6 Oktober 2021.

PKKBM ini, dengan mengusung tema “Membentuk Kader yang Disiplin, Intelektual, serta Menjunjung Tinggi Nilai Keislaman”.
Dan menghadirkan nara sumber yaitu PDPT UIT, Arsyad, S.Pd.I, MM, Ismail Suardi Wekke, M.Pd, Ph.D, Sertu Firman, S.Pd, Sofyan Umar, S.Pdi, M.Pd, Prof.Dr.H.M. Galib M, M.A, Dr.Zulkarnaen Basir, M.Si.

Kegiatan PKKBM ini, dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan (PROKES) yaitu Memakai Masker, Jaga Jarak, Pakai Hand Sanitizer dan Cuci Tangan.

Ketua Panitia, Sabar mengatakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ini merupakan bagian dari program pembinaan mahasiswa yang berfungsi menyiapkan baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di UIT, dari mulai mekanisme tata kelola Akademik, Keuangan, Kegiatan Kemahasiswaan, Unsur-unsur civitas Akamika, hingga fasilitas pembelajaran yang tersedia, ” kata Sabar.

Ketua IKA FAI, Fadli Abdullah, S.Pd.I, mengucapkan pada hari ini saudara saudari resmi menyandang gelar sebagai “mahasiswa maka saya harapkan untuk meninggalkan sikap zaman sekolah yang dulunya ke anakan,kekurangan etika dan estetika serta moral maka harapan kami alumni agar kiranya menjadi mahasiswa “berwatak baik, menjaga etika,estetika dan moral kita sebagai mahasiswa Arti kata tersebut mencerminkan sikap manusia sebagai khalifatul fil ardh atau pemimpin di dunia setidaknya pemimpin untuk diri sendiri.

Menurut, Padli Abdullah, Sebagai pemimpin, saudara gambar menjadi insan yang berintegritas, yaitu manusia yang serasi, selaras antara ucapan dan perbuatan; manusia yang berintegritas adalah manusia yang serasi dalam ketiga ranah baik kognitif, afektif maupun psikomotor.
Manusia berintegritas adalah manusia yang selaras antara pemahaman keagamaan dan sikap sosialnya, yaitu sebagai mahasiswa yang saleh baik secara agama maupun secara sosial. Mahasiswa berintegritas adalah mahasiswa yang selalu mengikuti kepatuhannya terhadap ajaran agama. Bukan mahasiswa yang hanya pintar ilmu agamanya namun mengalami kendala dalam melaksanakan ajaran agamanya atau sering disebut gap implementasi. Saudara harus berbeda dari sikap hipokrit atau manusia ucapan yang dimulut dan perbuatan. Adalah mudah untuk berbohong tentang sikap ini, yaitu dengan keajaiban, yaitu dengan tiga munafik, yaitu: “jika berkata jika meminjam ia lupa dan jika amanah ia khianat”.”ucapnya.

Dalam memasuki dunia kampus adinda saya tidak usah gamang, proses mahasiswa ini disamping merupakan acara seremonial juga merupakan titik awal dari sebuah kehidupan baru… belajar belajar dan belajar serta dapat membahagiakan orang tua dan keluarga dll sebagainya, “kata Fadli.

PKKBM ini, dibuka Dekan FAI UIT, Nurmadiah, S.Ag, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan saat ini anak-anakku sudah resmi menjadi Mahasiswa Fakultas Agama Islam. Olehnya itu, mulai saat ini, niat dan tekankan serta pastikan jenjang kuliah sarjana yang kalian tempuh mampu diselesaikan dalam waktu maksimal 4 tahun, kalau saat ini kalian disambut sebagai MABA Insya Allah 4 tahun dari sekarang kalian wisuda dan menyandang Gelar Sarjana Pendidikan, ” kata Nurmadiah.

Menurut Dekan FAI, Saat kuliah nanti pintar tidak cukup tetapi harus dibarengi dengan peningkatan Soft Skill dengan cara menjadi mahasiswa yang aktif baik secara Akademik maupun kegiatan ekstra kurikuler.
Dekan FAI, menyampaikan selamat menjalani periode sebagai Mahasiswa dan di masa Pandemi ini, kita melaksanakan pembelajaran Daring dan Luring semoga senantiasa sukses menyertai kita semua hidup FAI, Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia, “tandas Nurmadiah.

Acara ini turut dihadiri, Dekan FAI, Nurmadiah, S.Pd, M.Pd, IT dan Keuangan FAI, Maryam, SE, MM, Dosen FAI, Staf, Alumni FAI dan Mahasiswa.
(Humas UIT/ Beddu Lahi)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *