Menu Close

Prodi S1 Kesmas FKM UIT Gelar Kolaborasi bersama LSM GMBI Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Peringati hari Pancasila, Sabtu, 1 Juni 2024. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Timur (Kesmas FKM UIT) menggandeng Dosen dan Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) S1 Kesmas FKM UIT melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Waduk Kuliner Pampang Bitowa Makassar.

Pada Kegiatan ini Prodi S1 Kesmas FKM UIT berkolaborasi dengan Dewan Pimpinan wilayah Lembaga Sosial Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI). Rangkaian kegiatan ini diantaranya kegiatan Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Senam Sehat dan Penyuluhan Kesehatan. Adapun Prodi S1 Kesmas FKM UIT memokuskan kegiatan pada aksi penyuluhan kesehatan. Adapun peserta kegiatan ini adalah anggota LSM GMBI dan Masyarakat setempat.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dihadiri, Ketua LPPM UIT Nismawati., S.Si., M.Kes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Prodi S1 Kesmas FKM UIT dan LSM GMBI yang telah melakukan Kolaborasi bersama dalam 1 kegiatan yang luar biasa, ke ikutsertaan Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT juga memberikan kesan tersendiri karena dengan ikut berpartisipasi maka tentu akan meningkatkan pengalaman yang dimiliki oleh pengurus Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT khususnya dalam hal penyuluhan.

Ketua Prodi S1 Kesmas FKM UIT Rahma Sri Susanti, S.,KM.,M.Kes dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas kehadiran Himaprodi beserta Dosen UIT di Waduk kuliner Pampang Bitowa . “Saya berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan mengingat pentingnya kesehatan bagi masyarakat di era millenial sekarang”. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada LSM GMBI yang telah mengundang Prodi S1 Kesmas FKM UIT berkolaborasi dalam kegiatan ini.

Dalam penyuluhan yang dilakukan di kegiatan ini terdapat 4 tema Pengabdian Kepada Masyarakat yang dipaparkan oleh masing-masing Dosen yakni penyuluhan terkait pengendalian diabetes melitus melalui edukasi , personal hygiene sehat , Kenali DBD dan strategi pencegahannya. dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ). Serta Sosialisasi mobile JKN dari BPJS Adapun Dosen Prodi Kesmas FKM UIT yang terlibat pada PKM ini adalah Rahma Sri Susanti S,KM M.Kes , Nismawati S,Si.,M.Kes ,Jusman Usman S,KM M.Kes , Riswan S,KM M.Kes , Nursyamsi S,KM.,M.Kes, Intan Deasy agmaitry S,KM., M.Kes, Nurul Fajria Sudirman S,KM. M.Kes, Suriati S,KM.M.kes Dan Hasna Taureng S,KM.,M.Kes.

Kegiatan ini berjalan lancar seluruh peserta bersemangat mengikuti acara dan senang menerima Dorprize dari panitia. “Saya berharap kegiatan ini dapat menambah edukasi masyarakat dan bernilai ibadah” ujar Syahrul Ramadhani , selaku ketua panitia PKM.

(Humas UIT/Beddu Lahi, Rahma Sri Susanti).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *