Syahrul Syawal, S.Pd, MM, Dosen Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur, Raih Gelar Doktor bidang Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Makassar (UNM), di Aula PPs UNM lantai 5, Jl. Bonto Langkasa Makassar, Selasa 11Januari 2022.
Ujian Promosi ini, selaku ketua sidang, Prof.Dr.Ir.H.Husain Syam, M.TP.,IPU.,ASEAN Eng, Sekretaris Dewan Penguji, Prof.Dr.Anshari, M.Hum, Promotor Prof.Dr.Patta Bundu, M.Ed, Kopromotor, Prof.Dr.Anshari, M.Hum, Penguji Eksternal, Prof.Dr.Irwan Akib, M.Pd, Penguji Internal, Prof.Dr.H.M. Arifin Ahmad, M.A, Penguji Internal, Prof. Dr. Ir. Bakhrani A.Rauf, M.T, Penguji Internal, Dr.Ansar, M.Si
Syahrul Syawal dengan judul disertasi ” Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM)”.
Menurut Syahrul Syawal, berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini, dalam fase analisis kebutuhan, diperoleh informasi bahwa didalam mengembangkan model ini, dibutuhkan suatu tahapan pembelajaran sistematis, terarah (materi dan tujuan pembelajaran) yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa dan kemampuan dosen dalam mengimplementasikan model tersebut serta mampu meningkatkan hasil belajar. Hal ini merujuk dari hasil wawancara kuesioner dan analisis dokumen dari dosen dan mahasiswa menjelaskan bahwa sangat dibutuhkan model pembelajaran yang baru.
Desain model pembelajaran kalkulas dengan pendekatan STEM memiliki tahapan sebagai berikut: (a) Tahapan Analisis, (b), Tahapan Research, (c). Tahapan Understand (d). Tahapan Evaluation. Pembelajaran ini menuntut dosen untuk selalu meningkatkan kreatifitas penyajian materi agar mahasiswa tidak mengalami kebosanan ketika mempelajari suatu materi tertentu, memacu mahasiswa untuk berpikir dalam menganalisis permasalahan kalkulas yang dianggap masih sulit dan mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal komponen-komponen STEM dan Kalkulas yang terdapat di lingkungan sekitar sehingga mahasiswa bisa tertarik untuk mempelajarinya baik secara individu maupun kelompok.
Berdasarkan uji kevalidan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kalkulas dengan pendekatan STEM telah memenuhi unsur kevalidan dengan kriteria valid berdasarkan hasil penilaian instrumen oleh ahli. Model pembelajaran kalkulus dengan pendekatan STEM dinyatakan memenuhi unsur kepraktisan dengan kriteria baik, dan model pembelajaran kalkulus dengan pendekatan STEM menunjukkan hasil yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, “ungkapnya.
Syahrul Syawal, telah mempresentasikan Disertasinya dan memberikan jawaban dengan baik dihadapan Penguji, maka para penguji sepakat memberikan nilai 38,7 dengan predikat A Sangat memuaskan. Dan tercatat sebagai Mahasiswa S3 UNM 171061701003.
Menurut Syahrul Syawal, Gelar Doktor yang kami raih ini, berkah dukungan dari Orang tua kami, Istri dan Anak kami, Dosen kami, keluarga, Teman kuliah, Teman Mengajar, Sahabat.
Olehnya itu, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya, sehingga dapat menyelesaikan Studi ini dengan baik.
Promosi Doktor ini, turut dihadiri; Direktur PPs UIT, Prof.Dr.H.Abd Wahid Wahab, M.Sc, Asdir PPs UIT, Dr. Makkah Muharram, SH, MH, M.Kn, Dekan, Wakil Dekan, Ka.Prodi, Sekprod, Dosen, Orang Tua dan Keluarga.
(Humas UIT/ Beddu Lahi)