Menu Close

Tim Dosen UIT kerjasama LPPM UIT Serahkan Alat Mesin Pertanian Kab.Takalar

Tim Dosen Universitas Indonesia Timur (UIT) kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universutas Indonesia Timur (LLPM UIT) telah menyerahkan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani, KT Sompu dan KT Biring Je’ne, di Kelurahan Sombalabella Kecamatan Pattallasang Kabupaten Takalar, Sabtu 8 Oktober 2021.

Penyerahan ini dilakukan pada saat Sosialisasi ” Penerapan Teknologi Pascapanen Untuk Peningkatan Produktifitas Jagung dan Nilai Tambah Limbah Jagung” di Kab. Takalar.

Tim Dosen pelaksana PTDM yaitu Ketua, Darmawan Rizal, Sp, MP, Anggota, Nurul Mukhlishah, SP, M.Si, Rahmawati, S.Pd, M.Sc.

Acara ini, turut dihadiri, Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Takalar, Ir.H. Ikbal, MM, Wakil Rektor IV UIT, Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, Ketua LPPM UIT, Rahmawati, S.Pd, M.Sc, Kepala BPP Kec. Pattallasan Kab.Takalar, Syafaruddin, SP, Dosen UIT, Kelompok Tani dan Masyarakat.

Ketua Pelaksana, Darmawan Rizal, SP, MP, mengatakan jagung salah satu komoditi yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Takalar, sehingga perlunya suatu inovasi untuk dapat meningkatkan nilai komoditi jagung.
Kami dari Tim Pelaksana merancang suatu mesin Multifungsi yaitu mesin pipil pecah yang sekaligus dapat membuat tepung jagung untuk pakan ternak. Sehingga tidak hanya jagung yang ditingkatkan produktivitasnya tapi limbah dari jagung pun menjadi bernilai dengan diubahnya menjadi pakan ternak.
Pembuatan kedua mesin ini di danai oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lewat Program Penerapan Teknologi yang di Diseminasi ke Masyarakat (PTDM), “kata Darmawan Rizal.

Sementara itu, Wakil Rektor IV, Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, mengatakan harapannya semoga ke depan mesin ini dapat ditiru dan diperbanyak lewat Skim lainnya dibawah koordinasi LPPM agar dapat dibagikan ke kelompok-kelompok tani lainnya, “Ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Takalar, Ir.H.Ikbal, MM, pada saat membuka acara mengatakan kelompok tani mampu menyerap ilmu yang diberikan dalam sosialisasi penerapan teknologi pasca panen dan pengolahan limbah jagung sehingga mampu menambah nilai komoditas jagung.

Ir.H.Ikbal, MM, mengucapkan Selamat datang dari rombongan Universitas Indonesia Timur dan kami sangat senang menerima terapan teknologi yang diberikan kepada masyarakat Sombalabella berupa mesin Multifungsi Pemipil, pemecah dan Pembuatan tepung jagung, serta mesin pemecah limbah jagungnya.

Pada acara Sosialisasi penerapan teknologi Pascapanen untuk Peningkatan Produktifitas Jagung yang dilakukan oleh dosen tim pelaksana yang di ketuai oleh Darmawan Rizal dengan melakukan demonstrasi penggunaan mesin kepada Kelompok Tani Sompu dan kelompoń∑ tani Biring Je’ne.
Pada Sosialisasi ini, dilakukan Penandatanganan fakta integritas penyerahan dan penggunaan mesin kepada ketua kelompok tani oleh Ketua LPPM UIT , Rahmawati, S.Pd, M.Sc, yang disaksikan sekretaris Dinas Takalar.
(Humas UIT/Beddu Lahi).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *